..MySkyline~*~

.. sepertinya aku berpikir tentang segala hal sedikit lebih banyak dalam ruang ini, tidak bisa terlelap dalam malam .. hanya mengeluh ketika melihat ke langit .. ingin pergi menuju bulan bahkan sampai lebih jauh .. ingin menggunakan sayap dan terbang .. tapi apa yang harus kulakukan ..?? ..I want to fly well to skyline..
~*~ tentang segala hal pengetahuan dan anganku yang di luar keadaan ~*~
..MySkyline~*~

Pada posting sebelumnya telah dijelaskan tentang menjalankan sistem operasi Ubuntu pada Microsoft Windows Vista menggunakan Microsoft Virtual PC 2007, namun pada saat boot/restart maka kejadian error pada saat masuk setelah proses instalasi Ubuntu terjadi lagi. Error yang ditampilkan juga sama persis dengan error pada saat proses instalasi.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengubah beberapa script pada proses boot options. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan :

Ketika boot, tekan tombol Esc saat proses GRUB loading dimana sebenarnya sudah ada terdapat keterangan tersebut ditampilkan. Selanjutnya akan tampil menu dimana terdapat 3 pilihan :


Pilih Ubuntu 9.04 kernel 2.6.28-11-generic tapi jangan tekan apa-apa dulu (misal:enter), lalu tekan tombol huruf "E" dimana akan muncul tampilan dengan menu pilihan lagi seperti berikut :


Tekan tombol huruf "E" lagi pada keyboard. Selanjutnya akan muncul tampilan sebuah baris script dimana akan diubah untuk memperbaiki error yang terjadi. Hapus bagian terakhir kode dimana "quiet splash" diganti dengan "noreplace-paravirt" (tanpa tanda petik)


Lalu tekan enter, dimana akan mengembalikan pada tampilan sebelumnya. tekan tombol huruf "B" pada keyboard, dan Ubuntu akan booting dan proses booting akan bisa kembali normal.

Selanjutnya proses perubahan harus diubah secara permanen. Setelah logon pada ubuntu GUI buka terminal pada Applications -> Accesories -> Terminal


Ketik "sudo gedit /boot/grub/menu.lst" dan tekan enter dimana hal ini dilakukan untuk mengubah script booting secara permanen menggunakan text editor gEdit. ketika telah masuk gEdit kemudian scroll ke bawah dan cari tampilan script seperti dibawah ini :


Pilih pada akhir baris script tersebut dan ubah bagian terakhir kode dimana "quiet splash" diganti dengan "noreplace-paravirt" (tanpa tanda petik), kemudian save dan exit dari gEdit.

Setelah semua proses diatas dilakukan maka seharusnya proses booting Ubuntu pada virtual PC tidak akan mengalami masalah lagi. sekian terima kasih :)

Sumber : ini

ada 5 komentar :

sayangku emang keren (^_^)

ayo ayo pengunjung lain silahkan dicoba tutorial diatas..

hehehehee... biasa aja kok sayangQ taTi'... :*

yah silahkan dicoba, error tanggung sendiri.. :D

Apakah hal ini tidak berpengaruh terhadap konfigurasi yang sudah dilakukan sebelumnya???
soalnya saya baru ganti plymouth trus di-restart, plymouthnya hang...

kl saya di pc gan, motherboard nya pake ASUS P5GCMX, apakah bisa pake noreplace-paravirt ??
mohon pencerahan Gan

Anonim , mengatakan... Mei 18, 2013 10:48 AM  

Kalau LINUX 12.04 LTS
gmna caranya
thanks

..Thank"s to~*~

Allah SWT, atas semua Rizki dan nikmatnya, My Mader en Fader terhebat.., My Broder's en Sister's en all my BigFams di daerah lain.., Sayangku cintaku Artati Paramita, Bank BRI yg ngasi' aku beasiswa,, alhamdulillah.. Suryasoft.net yg pernah menampungku bekerja.. dan memberikan pengalaman yg sangat berharga (^_^)v, Guru2ku (TK,SD,SMP,SMA) yg mendidik aku sampe bisa sejauh ini, Temen2 (TK,SD...smpe skrg) Rizka Z yg mbuat aku jd tertarik bikin blog ini.. Brill yg blognya ta bacem.. tmn2 (SI'04) NARSIIS.. yang sering support dan kasi' aku semangat.. dan semua dahh... maaf klo blum kesebut bilang aja di shoutbox.. hihi.. ntar ta tulis kok..

Yoroshiku..!!!

..MiLoplyTati~*~

..MiLoplyTati~*~
Batam ini indah...

..Facebook~*~

Ronny Ansis's Facebook profile

..silahkan mo bilang apa~*~

..Followers~*~

..Kasi' makan donk~*~