..MySkyline~*~

.. sepertinya aku berpikir tentang segala hal sedikit lebih banyak dalam ruang ini, tidak bisa terlelap dalam malam .. hanya mengeluh ketika melihat ke langit .. ingin pergi menuju bulan bahkan sampai lebih jauh .. ingin menggunakan sayap dan terbang .. tapi apa yang harus kulakukan ..?? ..I want to fly well to skyline..
~*~ tentang segala hal pengetahuan dan anganku yang di luar keadaan ~*~
..MySkyline~*~

Berikut sedikit penjelasan melakukan dual booting sistem operasi Windows Vista + XP atau dengan kata lain melakukan instalasi sistem operasi XP pada drive berbeda dimana sebelumnya telah terinstal Windows Vista.
Langkah pertama, mempartisi drive anda. Untuk melakukan partisi drive pada Vista dapat dilakukan dengan banyak cara. Bisa dengan menggunakan aplikasi/software yang memang difungsikan untuk mempartisi drive anda seperti "Partition Magic" atau yang lainnya. Namun Vista telah menyediakan fasilitas yang dapat membantu anda memanajemen drive anda. Anda dapat menuju Start > Computer > (klik kanan) Manage. maka akan muncul window "computer management".


Lalu pilih "disk management". Pada bagian tengah window akan tampil (berbagai) partisi hardisk yang anda miliki. Pilih drive yang anda yang akan anda partisi dan klik kanan > "shrink volume". Sediakan space sebesar (minimum) 5 Gb. lalu pilih "shrink".
setelah proses partisi Windows telah selesai berikutnya adalah menginstall Windows XP. Instalasi Windows XP dilakukan seperti biasanya yaitu menggunakan CD XP pada saat booting.


Setelah windows XP terinstall secara default begitu anda menghidupkan komputer anda maka akan masuk ke sistem operasi XP. Berikut cara menampilkan pilihan pada saat komputer dihidupkan sehingga anda dapat memilih sistem operasi mana yang akan anda gunakan. Vista atau XP.

Setelah anda masuk kedalam XP maka anda perlu mengcopy beberapa file dan sebuah folder yang ada pada drive C: (drive tempat Vista terinstal). File dan folder tersebut antara lain adalah :
- folder boot (/boot)
- bootmgr
- boot.ini
- NTDETECT.COM
- ntldr
namun sebelumnya ubah settingan pada folder option untuk dapat melihat file-file system tersebut yang attributnya "hidden".

Kemudian paste file dan folder tersebut pada root drive XP anda (misal, E:\). setelah itu instal software aplikasi VistaBootPRO 3.2 (gratis). Software tersebut merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatur / menanajemen proses boot dan menampilkan pilihan sistem operasi yang akan dijalankan pada saat booting. Namun aplikasi ini bisa terinstal jika komputer anda telah terinstal microsoft .net framework versi 2. Secara default komputer anda tidak memiliki hal tersebut. Maka sebelumnya install .net framework 2 tersebut yang dapat didonlot di sini secara gratis. Ketika .net framework 2 telah terinstal maka anda dapat menginstal aplikasi VistaBootPRO 3.2 dan menjalankannya.

Setelah menjalankan VistaBootPro 3.2 anda dapat memilih menu / tab "Manage OS Entries" dan menambah OS baru yaitu Windows XP, dengan cara mencentang check box "Add New OS Entry" dan mengisi "OS name" sesuai dengan keinginan anda misal : "Microsoft windows XP". Kemudian memilih "OS type" : "Windows Legacy" dan "OS Drive" : drive tempat windows XP anda terinstal (misal, D:\) dan menekan tombol "Apply Update" untuk melakukan perubahan yang telah anda lakukan.



Setelah itu pilih menu / tab "System Bootloader" dan memilih radio button "Windows Vista Bootloader" pada spesific drive yaitu drive tempat vista anda terinstal (misal, C:\) dan menekan tombol "Instal Bootloader" untuk melakukan perubahan yang anda lakukan.


Proses telah selesai maka anda dapat me-restart komputer anda dan melihat perubahan yang terjadi. Yaitu pada saat booting akan meuncul pilihan sistem operasi yang akan dijalankan Vista atau XP.

Proses Copy Paste folder dan beberapa file pada root Vista ke XP dimaksudkan agar saat aplikasi VistaBootPRO 3.2 menjalankan prosesnya windows XP dapat terbaca. Hal ini KEMUNGKINAN dikarenakan VistaBootPRO 3.2 merupakan aplikasi Vista namun karena dijalankan pada XP maka folder dan file system tersebut perlu dicopykan ke root XP agar dapat dikenali. (halah mbulet,,, tp ngerti kan?!?! hehehe...)

Sekian tutorialnya semoga membantu orang tua menyebrang jalan... dan jangan lupa mem back-up data-data anda terlebih dahulu sebelum melakukan semua proses ini karena "crash" pada sistem merupakan resiko anda sendiri :D

sumber : ini

[ Baca Selengkapnya.. ]

..Thank"s to~*~

Allah SWT, atas semua Rizki dan nikmatnya, My Mader en Fader terhebat.., My Broder's en Sister's en all my BigFams di daerah lain.., Sayangku cintaku Artati Paramita, Bank BRI yg ngasi' aku beasiswa,, alhamdulillah.. Suryasoft.net yg pernah menampungku bekerja.. dan memberikan pengalaman yg sangat berharga (^_^)v, Guru2ku (TK,SD,SMP,SMA) yg mendidik aku sampe bisa sejauh ini, Temen2 (TK,SD...smpe skrg) Rizka Z yg mbuat aku jd tertarik bikin blog ini.. Brill yg blognya ta bacem.. tmn2 (SI'04) NARSIIS.. yang sering support dan kasi' aku semangat.. dan semua dahh... maaf klo blum kesebut bilang aja di shoutbox.. hihi.. ntar ta tulis kok..

Yoroshiku..!!!

..MiLoplyTati~*~

..MiLoplyTati~*~
Batam ini indah...

..Facebook~*~

Ronny Ansis's Facebook profile

..silahkan mo bilang apa~*~

..Followers~*~

..Kasi' makan donk~*~